Selasa, 20 Juni 2017

[All About Life] : Untuk Kalian yang Tidak Mudik, Keluarlah!



Keluarlah, lihatlah ke jalan-jalan. Lihatlah mereka yang pandangannya sengsasa tengah duduk bersama gerobak-gerobak mereka, gerobak-gerobak yang berisi barang-barang bekas yang semoga saja masih bisa diuangkan atau berisi anak kecil mereka yang tertidur pulas tak peduli bahwa sebentar lagi mungkin hujan turun dan membasahi wajahnya perlahan, lalu seluruh tubuhnya.

Keluarlah, dan saksikan kepahitan hidup mereka yang tak mengerti makna pulang, mereka yang tak pernah pulang karena tak ada rumah bagi mereka, mereka yang bahkan tak tahu dimana orangtua mereka bahkan sejak mereka lahir di dunia, mereka yang merasa aman hanya dengan tidur beralaskan kardus usang dan berbantalkan batu-batu.

Atau kau ingin lihat hal nyata lainnya? Lihatlah para orang-orang bergelimangan harta itu. Mereka mungkin pulang, akan tetapi makna pulang tak mereka temukan. Sebab, rumah yang mereka singgahi tak pernah benar-benar membuat mereka ingin pulang. Tak pernah benar-benar memberi mereka rasa nyaman. Sebab, cinta telah menguap dari jendela-jendela besar rumah penuh kaca itu, sebab waktu-waktu yang mereka punya tersita untuk membangun megahnya istana di dunia itu.

Mereka tak pernah benar-benar pulang.
Mereka hanya terlihat seperti pulang.

Jadi, keluarlah.

Ada langit yang ingin ditatap olehmu.
Ada mentari yang menunggu bayangmu di ujung jalan.
Ada burung yang nyanyiannya ingin didengar olehmu.
Ada arakan awan yang ingin menyerupai wajahmu.
Ada dia yang tak berhenti memikirkan kabarmu,
Berharap kau baik-baik saja dan tengah menatap langit yang sama.

1 komentar: